Obat kombinasi bermanfaat untuk Osteoartritis

Kombinasi dipiridamol dan prednisolon dosis rendah aman untuk mengungari nyeri pada pasien dengan osteoartritis tangan. Calon obat baru ini disebut sebagai CRx-102. Dr. T.K Kvien dkk, dari Diakonhjemmet Hospital Oslo, Norwegia menyatakan bahwa data studi preklink menunjukan setiap komponen obat menjadi lebih efektif jika dikombinasi, disbanding jika diberikan masing-masing secara tunggal. Dipiridamol secara selektif memperkuat efek anti-inflamasi dan imunomodulasi prednisolon tanpan meningkatkan efek samping steroid.

Dalam studi ini, 83 pasien osteoartritis tangan dirandominasi untuk mendapat CRx-102 atau plasebo selama 6 minggu. Kriteria inklusi adalah bahwa pasien harus mempunya minimal 1 sendi yang bengkak atau nyeri dan mempunyai skor nyeri minimal 30mm menurut sekala analog visual AUSCAN ( Australian/Canadian Osteoartritis Hand Index ). Usia rata-rata pasien adalah 60 tahun dan 93% adalah perempuan.

Pada pantauan hari ke 42, ditemukan bahwa CRx-102 secara bermakna lebih baik dibandingkan plasebo dalam mengurangi nyeri. Perubahan skala nyeri AUSCAN adalah –14,2 dengan CRx=102 dan –4 dengan plasebo (p = 0,02). Disimpulan bahwa studi fase 2 dengan kontrol plasebo ini menunjukan bahwa kombinasi dipiridamol dan prednisolon efektid pada pasien dengan osteoartritis tangan. Untuk itu perlu dilanjutkan dengan studi yang membandingkan khasiat klinik CRx-102 terhadap komponen obat secara tunggal.

( Annals Of Rheumatic Disease 2008 )

Comment :

ada 1
Kyudo said...
pada hari 

wah ga ngerti tentang bahasa kedokterannya... bisa dijelaskan lebih terperinci ga? thx sob...

Post a Comment